Jangan bingung,nich solusinya.....

Fokus kepada Solusi




Asslamu'alakum...
Hallo temanku semua..

"Kehidupan tak selamanya seperti yang kita inginkan" begitulah kira kira sebuah ungkapan sering kita dengar.
Tapi kadang kita mendengar dari orasi seorang motivator: "Manusia identik dengan apa yang dipikirkan,Berpikirlah bisa,kamu pasti bisa"
Seorang ulama atau kyai sering memberi nasehat:"Yang penting kita berusaha,masalah hasil serahkan kepada Tuhan".
Para sesepuh kasih nasehat:"yang sabar dan tawakkal ya,pasti Tuhan memberi jalan keluar"
Dan masih banyak lagi petuah dan nasehat yang sering kita dengar,jika kita menghadapi suatu masalah.
Tapi...gimana ya,aku sering ngalami terbelit suatu persoalan hidup.Masalah keuangan,masalah cinta dan macem macem dech.Mungkin teman teman juga pernah donk ngalami masalah yang bikin pusiiing pala beby,,,he he.
Terkadang kalo lg punya masalah nich,bawaanya bete mulu.Tambah lagi gak bisa tidur,terus masalah itu jadi kepikiran terus.....Apalagi kalo masalah punya hutang,waktunya bayar kagakpunya duit,terus di uber uber ama yang minjemi duit.....aduhhhh stresss berat nich

Tapi ternyata teman teman,dari banyaknya masalah yang kita hadapi,ternyata bisa bikin kita tambah dewasa lho.Kita jadi semakin matang dalam berpikir dan bertindak.
Dulu aku klo lagi ada masalah nich...selain pusing,bingung,kepikiran,aku jadi kehilangan keseimbangan.Parahnya lagi orang laen yg tahu apa apa jadi sasaran emosiku....
Alhamdulillah...belajar dari pengalaman,nasehat dari para kyai,sesepuh.juga saran dari sahabat,sekarang aku lebih rileks menghadapi sebuah masalah seberat apapun.
kata kuncinya : FOKUS KEPADA SOLUSI.
Suatu masalah tidak bisa selesai bahkan semakin berat kalau terus kita pikirkan,ntr dampaknya orang disekitar kita jadi sasaran ,kalau kita terbawa emosi.
Tambah lagi kalau masalahnya lama banget gak selesai,badan bisa jadi kurus lho,muka yang ceria jadi pemurung,biasanya ramah jadi judes.Dan masih banyak efek negatifnya.

Jadi yang benar,kita jangan fokus kepada masalah yang kita hadapi,tapi fokus ama solusinya.
Cara ini gampang gampang susah lho teman semua...
Soalnya beda beda tipis antara mikirin masalah dengan mikirin solusinya.
Contohnya "kita punya hutang nich,udh waktunya bayar,duit belum di tangan,terus di uber uber melulu.Parahnya lagi kita di omelin ama yang minjemi duit.Didepan orang banyak lagi.
Malu banget khan??
Ini sebenarnya masalah mindset koq,masalah pola pikir kita.
Coba sekarang kita melatih pikiran kita,dari masalah yang kecil dulu.
Caranya lupakan pokok masalahnya.Pikiran kita alihkan pada hal yang berkaitan dengan solusi masalah tsb.
"aku punya hutang 100rb ama temen nch...boleh dicoba cari masalah he he...minjam duit ama temen.
Biarin dulu jangan di bayar hutangnya.pasti teman aku lama lama kesel juga,hutang gk dibayar bayar.
Kebetulan pas teman aku nagih,dompetku lagi tipiiis banget,hampir gak ada isinya.Padahal teman aku bilang duit itu harus di kembalikan sekarang,soalnya penting banget.
Saya bilang ama temenku,..okey saya usahakan hari ini saya bayar ya,tapi sekarang belum pegang duit nch....
Aku pulang ke rumah,aku berusaha ingin praktekan kata kata mutiara di atas "Fokus kepada Solusi".
Apa yang aku lakukan?
pikiran aku bikin heppy aja...nyanyi nyanyi lagu yang riang,penuh semangat...jangan lagu galau he he
Jangan sekali kali mengeluh...cerita kesedihan.udh biasa aja ngobrol ama teman teman ngalor ngidul aja,yang penting tetap ceria he he.
Berhubung pikiran sudah di doktrin harus solusi yang dipikir...ya udah ngalir aja...mikir kerjaan,atau ngobrol ama teman nanyain ada sampingan gak nch...
Terus cari cara hari itu dapat duit dari mana ya...Tapi jangan mikir gimana cara aku bisa bayar hutang hari ini...ini lain pengaruhnya pada pikiran.
Soalnya kalau pikiran bertanya "giman aku bisa bayar hutang hari ini ya?
Jawaban yang muncul dalam benak kita :-aduh gimana ya?-ntar kla gk ada duit temenku marah gimana,-ntr dia udh gk care lagi ama aku gimana-
pokonya banyak muncul pikiran negatif,kalau kita fokus pada masalah.
Tapi kalau fokus kepada solusi,ntr yang keluar dari pikiran pasti cara cara dapat duit.
Apa nawarin jasa biar dapat upah,atau mungkin ada barang yg bisa dijual,atau mungkin minjem dulu temen lainnya lg...yach tuker guling gt....pokoknya yg penting solusi buat hari itu,harus dapat duit 100rb.

Begitulah teman teman pengalaman yang aku lakukan,Aku sekarang merasa lebih enjoy dan enteng beban pikiran aku kalau lagi menghadapi masalah.
Semoga pengalaman saya ini bisa ada manfaatnya buat teman teman semuanya.Amin
Salam solusi aja...


Previous
Next Post »

-